RADARSALEM - Sebagai pengguna YouTube gratisan (bukan Premium), salah satu konsekuensi yang harus dihadapi adalah terpaan iklan bertubi-tubi. Selama ini, iklan itu bisa dilewati (skip) setelah durasi 5 detik dengan menekan tombol 'Skip Ads'.
Namun, sepertinya YouTube punya taktik baru agar pengguna menonton iklan sampai habis. Dikutip dari Gizmochina, Kamis (24/8/2023), YouTube tengah menguji coba desain tombol Skip Ads yang baru.
Perubahannya memang minor, yakni dari segi ukuran yang jauh lebih kecil. Selain itu, estetikanya juga lebih disesuaikan dengan antarmuka YouTube secara keseluruhan.
YouTube mengatakan tujuan perombakan desain secara minor dilakukan untuk memberikan 'pengalaman pengguna yang lebih konsisten'. Dengan membuat tombol Skip Ads lebih kecil, diharapkan pengguna tak terganggu saat menonton iklan, sehingga engagement ke pengiklan pun lebih tinggi.
Namun, pengguna selama ini sudah terbiasa dengan desain tombol 'Skip Ads' yang simpel dan ukurannya lumayan mencolok. Perubahan ukuran dan desain tombol tentu bisa membuat pengguna bingung.
Menurut Gizmochina, ini merupakan strategi halus dan cerdas dari YouTube agar pengguna gratisan tak melulu menekan tombol Skip Ads. Selain itu, jika terganggu, pengguna gratisan diharapkan mau beralih ke langganan premium.
Uji coba antarmuka baru YouTube ini akan tersedia secara bertahap. Kita tunggu saja!